Nematoda Parasit Penyakit Kopi yang Merugikan

Bercak Daun
18 Mei 2019
Penggerek Batang, Hama Tanaman Kopi yang Unik
18 Mei 2019

Nematoda parasit merupakan Organisme Pengganggu Tanaman (OPT) yang sangat merugikan. Serangan nematoda sangat mempengaruhi proses fotosintesis dan transpirasi serta status hara pohon kopi. Akibatnya pertumbuhan terhambat, daun mengalami klorosis, layu, gugur, cabang samping tidak tumbuh, dan tanaman akan mati. Selain itu tanaman yang terserang nematoda lebih midah terserang patogen lain seperti jamur, bakteri, dan virus. Jika menyerang pada saat tanaman masih di persemaian maka akan mengalami kematian mendadak. Namun jika menyerang tanaman yang sudah tua, gejala dan serangan akan berlangsung dalam jangka waktu yang lama.

Serangan yang dimulai dari persemaian akan tersebar ke seluruh kebun. sedangkan jika serangan terjadi setelah tanaman dewasa maka dalam kebun akan terlihat tanaman sakit yang berkelompok.

Nematoda parasit utama penyerang adalah Pratylenchus coffeae, Radhopholus similis, dan Melodogye spp.

Pengendalian bisa dengan menggunaaan batang bawah tahan nematoda. Penggunaan pupuk kompos dan kandang dapat mengendalikan nematoda parasit. Pemberian pupuk yang cukup membuat tanaman sehat dan lebih tahan penyakit. Pestisida nabati seperti daun mimba bisa menekan populasi P.coffeae. Penggunaan nematisida yang bersifat fumigan dan non fumigan bisa d jadikan alternatif pilihan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Butuh bantuan? Chat kami