Tips Cara Menyipan Kopi yang Benar
18 Februari 2019
Nematoda Parasit Penyakit Kopi yang Merugikan
18 Mei 2019

 

Bercak Daun ( Cercospora coffeicola)

Penyakit bercak daun disebabkan oleh C. coffeicola yang disebut juga brown eye spot. Menyerang bukan hanya pda daun tapi juga pada buah. Serangan pada daun ditandai dengan bercak cokelat kemerahan atau coklat tua, berbatas jelas dan konsentris. Pada bercak yang tua terdapat pusat berwarna putih kelabu. Sering tampak seperti tepung hitam yang merupakan konidium jamur.

Pada buah, di sisi yang banyak terkena sinar matahari kulit buah mengering dan keras serta sulit dikupas. Gejala ini mirip dengan gejala “terbakar matahari” dan hanya bisa dibedakan dengan penelitian mikroskopis.

Faktor yang mempengaruhi perkembangan penyakit ini adalah kelembapan udara yang tinggi, persemaian terlalu gelap, peneduh terlalu rimbun dan penyinaran matahari yang terlalu kuat pada buah.

Pengendaliannya bisa dilakukan dengan penjarangan peneduh, mengurangi penyiraman. Sanitasi juga dipakukan dengan menggunting daun sakit kemudian di musnahkan dengan dibakar atau d kubur.

Di tempat kami, penyakit ini menyerang tanaman varietas lini s 795. Curah hujan yang cukup tinggi bisa jadi penyebabnya. Kemarin saat musim kemarau, buah mengalami gejala mirip “terbakar matahari”. Penyebabnya karena pohon penaung berupa pepaya mati mendadak terkena wabah busuk akar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Butuh bantuan? Chat kami