Selain Luwak, Simak 4 Hewan penghasil kopi enak!
14 November 2020

Image barista selalu dikaitkan pada orang yang telah terlatih dalam meracik dan menyajikan minuman espresso based. Kreasi minuman yang diciptakan adalah cappuccino, latte, macchiato, yang menggunakan mesin espresso. Selain itu, mereka juga harus mengenal karakter rasa kopi, hingga asal-usul kopi yang digunakan. Saat berhadapan dengan mesin espresso, mereka juga harus memahami berbagai detail penting seperti rasio antara air dan kopi, suhu ideal untuk frothing milk, dan membuat latte art yang menarik.
Di era 2000an beberapa coffee shop sudah mulai menyajikan metode manual brew menggunakan french press, vietnam drip, dan syphon dengan karakter kopi yang strong dan low acidity.
Lalu di tahun 2011 mulai banyak kedai kopi yang memperkenalkan metode drip filtration menggunakan alat saring V60 dripper yang diproduksi oleh Hario, Jepang.
Kehadiran metode V60, membuat banyak kedai kopi saling berlomba-lomba menampilkan berbagai single origin dengan cita rasa yang lebih complex, clean, dan more clarity.
Teknik penyeduhannya pun terlihat elegan sehingga tampil menarik dimata konsumen.
Pada akhirnya metode ini melahirkan berbagai peralatan manual yang populer. Diantaranya adalah Hario V60, Kalita Wave, Clever Dripper, Aeropress, dan masih banyak lagi. Penggunaan alat-alat manual brew ini, juga membutuhkan berbagai keahlian khusus. Mulai dari brewing ratio, jenis air yang digunakan, temperatur air, sampai brewing time. Teknik ini akan menghasilkan karakter kopi yang tentu berbeda bila dibandingkan dengan espresso base.
Ketrampilan ini pada akhirnya melahirkan istilah baru dalam dunia kopi yaitu brewer. Istilah ini semakin populer setelah World Coffee Event menyelenggarakan kontes menyeduh menggunakan metode manual di tahun 2011 dengan nama World Brewers Cup.
Kompetisi ini tentu memiliki perbedaan dari segi aturan, performa, hingga regulasi dibandingkan dengan Barista Championship. Berbagai perbedaan ini membuat banyak orang berpendapat bahwa mereka yang menyeduh dengan metode manual disebut sebagai brewer sementara bagi mereka yang menyeduh dengan mesin espresso akan disebut sebagai barista.
Menurutmu sendiri bagaimana?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Butuh bantuan? Chat kami